Review LCD monitor

Agar Monitor LCD Lebih Panjang Umur

Bekerja dengan komputer sudah menjadi keseharian hampir semua kalangan, baik karyawan, pengusaha, mahasiswa maupun kalangan pelajar. Arti penting perangkat komputer antara lain terletak pada layar monitor yang menampilkan hasil input pekerjaan persis di depan mata.

Saat harga monitor LCD semakin terjangkau, banyak orang mulai beralih dari monitor tabung ke model layar tipis ini. Pertimbangannya, apalagi kalau bukan soal kepraktisan dan efisiensi yang ditawarkan. Gambar yang dihasilkan pun jauh lebih memuaskan dan tidak membuat mata cepat lelah.

Bagi banyak orang, perangkat komputer termasuk monitor ini merupakan perlengkapan kerja yang diharapkan dapat bekerja optimal dalam waktu lama. Selain faktor spesifikasi produk, faktor perawatan dan cara pemakaian juga berperan penting dalam memperpanjang usia-pakai sebuah monitor LCD. Apalagi sebagian besar bahan dasar LCD terdiri dari kaca sehingga memerlukan perawatan lebih ekstra.

Berikut beberapa tips yang bisa dipraktikkan dalam menggunakan dan merawat monitor LCD:

  • Perhatikan suhu dan kelembaban udara. Idealnya, suhu ruangan berada di kisaran 68-77 derajat. Menggunakan penyejuk udara merupakan solusi, tapi ingat, penggunaan sebuah produk elektronik secara berlebihan (non-stop) tetap akan meningkatkan suhu udara. Apalagi bila di dalam satu ruangan terdapat banyak produk yang semuanya bekerja tanpa henti.
  • Kebersihan ruangan tentu yang utama. Apalagi layar LCD sangat rentan terhadap debu dan cairan. Debu bisa menyebabkan perubahan pada warna. Lakukan perawatan serius terhadap produk ini, karena kesalahan kecil bisa menyebabkan tidak hanya penurunan kualitas warna tapi juga karatan, kegagalan pemakaian ataupun kerusakan elektrik. Anda bisa menggunakan screen protector untuk perlindungan ekstra.
  • Saat membersihkan layar monitor, gunakan kain lembut dan cairan khusus pembersih monitor. Matikan semua kontak listrik dan pastikan untuk tidak menyemprotkan cairan secara langsung ke monitor.
  • Hati-hati saat ingin memindahkan LCD ke tempat lain. Ingat, LCD terbuat dari kaca. Kelalaian seperti guncangan atau guratan kecil tidak hanya akan mengurangi kualitas gambar tapi bisa menyebabkan kerusakan menyeluruh.
  • Jangan membongkar LCD untuk alasan apapun, kecuali menyerahkannya kepada ahlinya. Anda juga harus menset monitor sesuai dengan petunjuk pemakaian dan jangan menyalakan monitor secara non-stop.
  • Jauhkan monitor dari benda-benda elektronik untuk menghindarkan gangguan maknetik yang bisa merusak tampilan layar. Sinar matahari langsung juga bisa mempersingkat usia monitor.
Desain Indah
Sebelum semua tips pemakaian dan perawatan tadi Anda lakukan, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah bagaimana memilih sebuah monitor LCD yang memberikan kepuasan paling optimal. Dua hal penting yang menjadi pertimbangan utama adalah teknologi gambar dan desain eksterior.

Contoh monitor terkini yang layak menghiasi ruang kerja adalah Samsung LCD T190 yang tampil penuh pesona. Monitor terbaru dari Samsung ini memiliki pesona eksterior yang memikat, mulai dari sudut-sudut yang lembut, layar bebas tombol hingga material frame kristal dalam tiga pilihan warna berbeda, yaitu Rose Black (Red), Emerald Black (Green) dan Sapphire Black (Blue).

Di balik keindahan LCD T190, monitor ini mampu memancarkan warna-warna tajam dan realistis berkat kontras rasio yang tinggi. Kontras rasio Samsung LCD T190 tergolong tinggi, yaitu 20.000:1. Selain itu, keluarga monitor serit T ini juga memiliki daya konsumsi listrik rendah. Ini tentu sangat cocok dengan konsep hemat energi yang diterapkan di banyak industri dan rumah tangga.

0 comments:

Info Media